Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Program Studi Di UIN SuKa Menggunakan Metode AHP

Assalamualaikum...
selamat pagiii...
sembari sahur mari kita menulis,,okeh guys, kali ini aku mau share tentang Skripswiiit yang baru ja kelar...berikut untuk abstracknya, sumonggoo :

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN
PEMILIHAN PROGRAM STUDI DI UIN SUNAN KALIJAGA
MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP)

SIGIT BUDI PERMANA
NIM. 09650035
INTISARI

Pemilihan program studi merupakan salah satu permasalahan yang dihadapi oleh para siswa yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi. Banyak siswa yang merasa bingung untuk memilih program studi apa yang cocok bagi mereka. Ada banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut, diantaranya karena adanya keinginan orang tua, kemampuan diri sendiri, cita-cita, prospek, dll.

Dalam perancangan sistem ini, penulis menggunakan metode SDLC sebagai metode pengembangan sistem dan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) sebagai metode pembobotan yang digunakan. Empat kriteria dasar yang di gunakan yakni prospek kerja, daya tampung, jumlah pendaftar, dan akreditasi dari setiap program studi dengan data yang digunakan adalah data tahun 2012. Aplikasi sistem pendukung keputusan  pemilihan program studi ini dibuat dengan bahasa pemrograman berbasis web PHP dan MySQL sebagai database.

Sistem yang dibangun mampu memberikan rekomendasi peringkat dari program studi yang diurutkan berdasarkan bobot tertinggi. Dengan sistem ini diharapkan dapat memberikan solusi bagi calon siswa yang ingin melanjutkan pendidikan di UIN Sunan Kalijaga dalam memilih program studi yang cocok dengan keinginannya.


Kata Kunci : sistem pendukung keputusan, metode ahp, program studi, PHP, MySQL.

Untuk yang butuh vesi lengkap dapat di download disini, ganti ekstensi docxnya (.docx) menjadi file rar (.rar), kemudian ekstrak filenya.  Maaf untuk ketidaknyamanannya, hhe.
Semoga bermanfaat,,selamat berpuasa.. :)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

3 komentar:

Wisanggeni mengatakan...

Mas Boleh tanya-tanya soal skripsi

jaka fathurohman mengatakan...

gan versin lengkapnya ga bisa dibuka, minto tolong diemailkan ga...

jaka.fathurohman@gmail.com
trims bnget gan....

Code Skripsi mengatakan...

kunjungi juga blog sy, bnyak contoh sistem pakar, SPK, AHP, SAW, metode Bayes & aplikasi lainnya, terima kasih admin. http://code-skripsi.blogspot.co.id/

Posting Komentar

Kirimkan komentar :