Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Birokrasi Setelah Munqosyah

Guys…masih ngurusi #6sks ini,,belum selesai, tapi lumayan sih, tinggal beberapa langkah lagi untuk mengenakan toga biru..kebetulan kami kemaren melakukan sidang secara masal, sehingga bobotnya mungkin akan berbeda dengan sidang yang dilakukan secara biasa, tapi apapun itu, saya berhasil lulus walau dengan revisi.. :) langsung ke tekape saja yuukk,, :P

OK guys, berikut langkah yang mesti kita lakukan setelah sidang (munaqosyah) :

1. Revisi, coretan yang amat penting dari dosen penguji mesti cepat-cepat di selesaikan, jang menunggu waktu, kebetulan kemaren saya hanya di beri waktu 2 hari, tapi alhamdulillah selesai.. :) kebetulan revisiku hanya pada laporan, tapi parah,, :(  lanjut..

2. Selesai revisi langsung mencari dosen untuk minta acc revisi, jangan lupa tahapannya adalah dari dosen penguji dulu kemudian baru ke dosen pembimbing.

3. Setelah ACC didapat, cepat-cepat menemui pak wahdan,,Kemaren untuk memperoleh lembar pengesahan cukup dengan acc satu penguji, entah esok,,,hehe kita akan memperoleh 5 lembar pengesahan 4 berwarna dan 1 tidak. Jangan lupa di teliti dahulu, takut salah, kemaren namaku aja jadi sisgit,,huhu :( oiya ada biaya buat ganti ngprint, kemaren bayar 5000, esok??ga tau juga,,mungkin naek, kan BBM udah naek,,hhe :P

4. Untuk kemaren Kita akan ikut YUDISIUM hanya sampai tahap kita di kasih lembar pengesahan skripsi. Klo besok saya tidak tahu juga, lebih aman, lengkapi sampai tahap akhir catetan ini. :P

5. Ayo cari tandatangan lagi, nguber-nguber dosen untuk mencari tandatangan lagi, seperti biasa cari dahulu tandatangan penguji 1,2 dan kemudian ke dosen pembimbing, ingat, semuaharus lengkap sebelum minta ttd pak dekan. Perlakuan khusus kita lakukan untuk memperoleh tandatangan dari pak dekan, kita harus menjilid dahulu laporan skripsi kita, satu saja cukup, kemudiaan selipkan ke skripsi kita. Kemudian taro di mejanya mba robi, pengalaman kemaren cukup cepet Cuma hitungan 3 jam bisa tak ambil, tapi tergantung pak dekan ada atau tidak,, :)

6. Sudah??

Setelah mendapatkan tanda tangan dekan, kemudian cap lembar pengesahan itu di TU yang paling barat, Bagian umum keknya.. :P jangan lupa 1 lembar yang tidak berwarna jangan dicap ya,  jika perlu di perbanyak ya diperbanyak, simpen buat backup..

7. Langkah selanjutnya sangan WOW, rada ok bagi kalian yang skripsinya tebel pake banget, yups buat resume. Butuh perjuangan memang, harus mengurangi halaman dari 150 halaman menjadi 30 halaman,,perlu diketahui jika resume itu maksimal 30 halaman, cover dan intisari tidak dihitung, jadi halaman 1 adalah BAB 1. Jangan lupa jilid resumenya dengan mika warna biru..

8. Next, cari CD, cover CD ama wadahnya jumlahnya masing-masing 5 buah. Rinciannya adalah 3 CD buat dosen pembimbing dan penguji isinya biasanya laporan skripsi dan sourcecodenya (jika ada), 1 buah untuk perpustakaan isinya hanya Laporan skripsi saja jangan lupa di bookmark mulai dari bab hingga subbabnya tapi kemaren bisa menggunakan Flashdisk,,, sedangkan satu sisanya diserahkan ke TU isinya laporan skripsi dan resume dengan format .doc. Untuk format nama file laporan skripsi adalah SKRIPSI_NAMA_NIM. Kemudian bakar CDnya print covernya dan tempel, untuk format cover bisa dilihat seperti gambar berikut.  Usahakan wadah CD bentuknya kotak.
9. Lanjut,,,kita print dulu berita penyerahan skripsi. Ketika kita menyerakan CD ke pembimbing dan penguji jangan lupa serahkan pula lembar pengesahannya masing-masing dosen 1 saja. O iya mintakan tanda tangan pada lembar berita penyerahan skripsi sebagai bukti bahwa skripsi sudah kita serahkan.

10. Jika lembar pengesahan skrispinya sudah, langung cabut ke perpus UIN, siapkan SD yang tadi, tapi kemaren ada yang pake flashdisk, siapin keduanya saja. Takut ada yang kurang. Masuk kebagian informasi, ngomong kalo ingin menyerahkan skripsi, jika sudah betul kemudian ngisi di buku besar. Langsung ditandatangani deh lembar penyerahan kita. Kemudian kita akan di kasih form kecil untuk bebas perpus, diisi dan langsung ke TU perpus yang ada disebelah barat dari loket penyerahan skripsi. Untuk mendapat bebas perpus, kita harus bayar 25 rebu.

11. Capek ini, lari-lari..wkwkw jika sudah maka akan mendapat 2 lembar bukti bebas pustaka. Simpan dengan baik karena 2 lembar tersebut dipakai untuk pendaftaran wisuda dan pengambilan ijazah.

12. setelah itu dapat mengurus bebas pustaka dari perpus saintek di lantai 2 dengan membawa berita pengesahan skripsi difotocopy 1 kali dan print + fotocopy  1 kali Surat Keterangan Bebas Perpustakaan Fakultas dan menyerahkan buku sumbangan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa saintek. Disesuaikan dengan bidang jurusan. Kemaren bukunya mahal-mahal. Tipsnya tanya dulu ye sebelum mau nyumbangin buku, karena kadang juga ditolak. Alternatif terakhir adalah bayar 50 rbu.

13. Huuu,,,sudah ini tinggal nunggu saja pendaftaran wisuda tanggal 10. OK deh, tidur dulu, capek, kenyang, ngantuk, esok juga mesti makan sahur,, :p

Itu dulu yang bisa disampaikan, jika ada tambahan nanti akan aku apdet lagih yah… semoga bermanfaat, selamat berjuang kawan.. #cemungudh #eaaa kwkwk seeyaaa :*

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Kirimkan komentar :